Attack on Titan: Sebuah sindiran bagi keserakahan manusia





Apa rasanya menjadi bagian dari sekelompok manusia yang tersisa di dunia ini. Hidup di dalam wilayah yang dikelilingi oleh tembok tinggi berukuran 10 meter yang berfungsi sebagai pelindung dari serangan titan pemakan manusia. Tentu hidup tidak akan pernah tenang. Meskipun tembok tinggi yang melindungi warga terlihat kokoh, namun jika jebol, kepunahan manusia hanya tinggal menghitung mundur. Perasaan saya ketika menonton episode pertama Attack on Titan sungguh digojlok-gojlok. Sebagai warga biasa yang tidak memiliki kekuatan bertarung, baik mencoba melawan atau menghindari titan, ujung-ujungnya akan mati terkoyak oleh gigi titan dan ditelan.

Kemunculan Titan Kolosal dan Titan Armor yang menjebol Tembok Maria, satu dari tiga tembok yang mengelilingi tempat hidup bangsa Eldia, di Distrik Shiganshina membuat masuknya para titan dan memakan warga di sana. Sangat sedikit warga yang berhasil diselamatkan. Baik orang dewasa maupun anak-anak, termasuk para polisi militer pun banyak yang menjadi santapan para titan yang kelaparan. Eren Yeager, salah satu anak yang tinggal di Distrik Shiganshina yang berhasil selamat, harus melihat ibunya sendiri dimakan hidup-hidup oleh titan. Hal inilah yang membuat Eren Yeager, tokoh utama dari serial Attack on Titan ingin menjadi seorang prajurit di kepolisian militer agar dapat membunuh semua titan yang ada di luar tembok sebagai balasan atas kematian ibunya.

Dari season 1, 2, dan 3, saya benar-benar disuguhkan dengan kehebatan manusia. Akal dan pikiran manusia dapat digunakan untuk bertahan hidup dari titan. Manusia dapat belajar menjadi penyerang yang dapat membunuh titan berukuran raksasa, membangun tembok raksasa, dan membangun peradaban di dalam tembok. Namun, tentunya akal pikiran tersebut dapat melenceng dan jauh dari moral, seperti kondisi pemerintahan bangsa Eldia. Para bangsawan dan pejabat berusaha menjaga rahasia terbesar kerajaan dan tidak segan-segan untuk membunuh orang-orang yang mencoba mencari tahu atau membocorkannya kepada masyarakat biasa. Bahkan mereka menjadikan raja palsu yang penurut agar rahasia tersebut tidak terbongkar. Rahasia tersebut adalah mengenai bahwa Eldia bukanlah manusia yang tersisa di dunia. Mereka tinggal di sebuah pulau bernama Paradis dan di seberang lautan terdapat daratan luas yang dihuni berbagai bangsa lainnya.

Pada final season part 1 dan part 2 yang masih on going, kita mulai digambarkan mengenai keserakahan dan egoisme manusia. Sikap buruk manusia ini dapat membuat manusia saling berperang bahkan tak segan saling membunuh.

Cerita di mulai pada sebuah desa yang tiba-tiba diserang oleh pasukan Eldia kuno. Warga desa tersebut dijadikan budak yang jauh lebih hina dibanding binatang. Raja Fritz pada saat itu tak segan untuk mengeksekusi mati warga desa tersebut jika berani menentang keinginan Raja Fritz. Suatu saat, seekor babi ternak kabur karena kandangnya terbuka. Raja Fritz akan mencongkel mata seluruh budak jika tidak ada yang mengaku. Seluruh budak menunjuk gadis kecil bernama Ymir sebagai pelaku. Sebagai hukuman, Ymir dibebaskan seperti binatang liar dan ia harus diburu oleh prajurit Eldia. Ymir menemukan sebuah pohon besar dan masuk ke dalam lubang yang ada di dekat akar untuk bersembunyi dari kejaran prajurit. Tanpa sadar, Ymir jatuh ke dalam air dan tenggelam. Namun, dia ditempeli oleh makhluk asing yang disebut halucigenia dan dia berubah menjadi titan raksasa setinggi 15 meter. Itulah yang menjadi titan pertama atau Founding Titan. Setelah mendapatkan kekuatan Founding Titan, Ymir malah menjadi budak Raja Fritz lagi. Kekuatan Ymir dimanfaatkan oleh Raja Fritz untuk menyerang bangsa lain sehingga Eldia menjadi bangsa terkuat dan ditakuti. Ymir pun dinikahi oleh Raja Fritz dan memiliki tiga anak, yaitu Maria, Rose, dan Sina.

Suatu hari, salah satu tentara yang tidak suka denga ketamakan Raja Fritz mencoba membunuh Raja Fritz dengan melempar tombak. Namun, Ymir dengan sigap menjadikan dirinya tameng tanpa kekuatan titan sehingga tombak menancap di tubuhnya. Sebenarnya dengan kekuatan titan, Ymir mampu memulihkan luka yang ada ditubuhnya, tetapi dia memutuskan untuk tidak melakukannya dan mengakhiri hidupnya. Keserakahan Raja Fritz tidak berhenti begitu saja, dia memotong-motong tubuh Ymir dan memerintahkan anaknya Maria, Rose, dan Sina untuk memakan daging ibunya agar kekuatan titan diturunkan turun temurun. Akibatnya, terciptalah 9 titan shifter hasil pecahan dari titan Ymir, yaitu Founding Titan, Attack Titan, Female Titan, Colossal Titan, Armor Titan, Jaw Titan, Cart Titan, Beast Titan, dan War Hammer Titan.

Keserakahan raja-raja Eldia sebelumnya untuk menguasai dunia berlangsung berabad-abad. Kekuatan titan membuat mereka merasa superpower. Hingga akhirnya, Raja Karl, raja Eldia saat itu, tersadar atas kesalahan leluhur Eldia yang telah menumpas bangsa lain, khususnya bangsa Marley yang menjadi musuh bebuyutan bangsa Eldia. Raja Karl bersumpah anti perang dan membawa sebagian orang Eldia ke Pulau Paradis untuk kehidupan yang tenteram dan damai. Dengan kekuatan Founding Titan, Raja Karl menghapus seluruh ingatan orang Eldia yang pindah ke Pulau Paradis dan membangun tiga lapis tembok dari jutaan Wall Titan dan diberi nama Tembok Maria, Tembok Rose, dan Tembok Sina. Namun, penghapusan ingatan oleh Founding Titan tidak berlaku bagi orang Eldia yang tidak ikut pindah ke Pulau Paradis, orang Eldia dengan klan Ackerman dan klan Asia. Karena klan Ackerman dan klan Asia dapat mengancam rencana Raja Karl, maka pemerintahan Eldia saat itu berusaha memusnahkan kedua klan tersebut.

Pindahnya sebagian orang Eldia ke Pulau Paradis ternyata dimanfaatkan oleh bangsa Marley untuk dapat menguasai dunia. Orang Eldia yang tidak pindah ke Pulau Paradis, tetap tinggal di wilayah kekuasaan Marley, namun tinggal di zona pengasingan. Bangsa Marley mulai memberikan paham kepada orang Eldia di Marley bahwa Eldia merupakan keturunan iblis yang menggunakan kekuatan titan untuk menguasai dunia. Orang Eldia yang tinggal di Marley harus menebus dosa leluhur mereka dengan menjadi tentara khusus Marley. Kebetulan, Marley telah menguasai pewaris titan shifter. Marley menjanjikan orang Eldia yang mau membantu Marley akan diberikan kehidupan yang layak dan boleh berjalan-jalan keluar zona pengasingan.

Marley menjadikan pewaris titan shifter sebagai alat perang untuk menindas bangsa lain. Namun, tujuan utama Marley adalah memusnahkan bangsa Eldia yang tinggal di Pulau Paradis sebagai upaya balas dendam kepada Eldia ribuan tahun yang lalu. Marley melakukan penelitian dan menemukan serum yang menjadikan manusia menjadi titan tak berakal atau Mindless Titan. Orang Eldia yang membangkang aturan Marley akan dijadikan Mindless Titan dan dibuang ke Pulau Paradis. Inilah mengapa bangsa Eldia di dalam tembok diserang oleh Mindless Titan yang sebenarnya merupakan orang Eldia juga yang tinggal di Marley.

Substansi Attack o Titan ini sesungguhnya sindiran buat manusia yang serakah dan merasa dirinya superpower sehingga mampu menindas manusia lainnya. Semua ini terjadi di pemerintahan. Seolah ingin melindungi masyarakat kecil, tapi kenyataannya masyarakat kecillah yang menjadi korban dari keserakahan.

Kejayaan Eldia kuno yang didapat dari menindas sebuah desa dan memanfaatkan kekuatan Ymir adalah kesalahan awal, ditambah lagi Raja Fritz tidak mau kekuatan titan Ymir hilang sehingga memaksa anak-anaknya memakan Ymir agar mewarisi kekuatan Titan.

Upaya perdamaian Raja Karl sebenarnya sudah baik. Namun, mengasingkan diri dan membuat bangsa Eldia melupakan sejarah adalah kesalahan terbesar. Orang Eldia biasa tidak memiliki kebebasan, tidak berkembang, dan hidup dalam ketakutan karena kebohongan yang dibuat oleh Raja Karl. Raja Karl pun tidak segan-segan menumpas warganya yang menentang keputusannya. Raja Karl tidak memikirkan ancaman akibat keputusannya itu dan ternyata itu membuat ancaman baru bagi orang Eldia di dalam tembok, yaitu serangan balas dendam Marley.

Kebencian Marley terhadap Eldia dilakukan dengan menyerang Pulau Paradis telah disiapkan matang-matang. Mulai dengan menanamkan paham bahwa Eldia ras iblis sehingga sebagai penebusan dosa Eldia harus menjadi tentara Marley untuk menghancurkan Eldia di Pulau Paradis, meningkatkan derajat orang Eldia yang mewarisi titan shifter, dan mengancam Eldia yang memberontak dengan menjadikannya Mindless Titan dan membuangnya ke Pulau Paradis.

Meskipun begitu, tidak ada niat buruk yang sempurna. Niat Raja Fritz bisa dihentikan oleh Raja Karl yang bersumpah anti perang. Niat Raja Karl mengurung Eldia di Pulau Paradis berhasil dibongkar oleh pasukan baru yang inisiatif. Rencana Marley menghancurkan Eldia di Pulau Paradis berhasil dihentikan dengan adanya anggota restorasi Eldia di Marley dan membantu Eldia di Pulau Paradis. Saat ini, Eren Jeager yang telah mewarisi Founding Titan, Attack Titan, dan War Hammer Titan berusaha meratakan dunia sebagai upaya balas dendam atas serangan titan yang telah memakan ibunya. Apakah rencana Eren Jeager dapat terlaksana? Sebagai penonton anime dan tidak mengikuti manga-nya, mari kita menunggu hingga episode terakhir Attack on Titan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pilihan Jalan

Hari Terakhir Penggunaan Otem

Operasi Gigi Geraham Bungsu RSKGM FKG UI