Terhindar Dari Bullying


Melihat tayangan Prime Show with Ira Koesno yang membahas "Memutus Mata Rantai Bullying" beberapa hari yang lalu, membuat aku tergelitik ingin menceritakan pengalaman. Sebagai mantan korban perundungan level ringan, tentunya perlu usaha agar dapat terlepas bahkan memutuskan rantainya. Di masa aku bersekolah, istilah bullying atau perundungan memang belum populer seperti saat ini. Begitu pula dengan dampak dari bullying itu sendiri belum separah saat ini. Hal ini mungkin terjadi karena pada saat itu penyebaran berita belum semasif sekarang yang membuat korban bullying tertutupi.

Aku mengkategorikan bully-an yang pernah aku alami saat duduk di bangku SD adalah level paling ringan, yaitu masih sebatas ejekan. Sepertinya memang hanya bercandaan anak SD saja, tetapi itu cukup berpengaruh bagi psikologis aku. Pada saat aku masih SD, dapat dibilang fisik aku itu kecil dan pendek dibandingkan dengan teman-teman yang lain. Sehingga aku dipandang lemah dan seenaknya mengejek-ejek nama aku. Sebagai seorang anak laki-laki yang diberi nama layaknya seorang anak perempuan, menjadi pukulan juga buat aku. Ketika banyak hal di televisi seperti, Diva Tox (tokoh wanita jahat di serial Power Ranger), Diva Romeo (sebuah acara televisi perjodohan), dan Diva Dangdut (sebuah acara musik yang mencari bakat wanita-wanita penyanyi dangdut) emnjadi bahan ejekan buat aku. Sampai suatu saat aku menemukan arti nama Diva sesungguhnya di sebuah kamus pintar, cukup membuat aku depresi dan bertanya-tanya, kenapa aku diberi nama Diva? Untuk bocah usia tersebut sungguh menjadi beban tersendiri, setiap hari di sekolah diejek-ejek oleh teman dan terasa kesal dengan orang tua yang telah memberikan nama yang cukup asal. Untungnya, tidak ada keinginan untuk mengakhiri hidup, hanya ingin cepat-cepat mengakhiri masa SD. Satu orang yang sering mengejek-ejek Aku, adalah orang yang cukup berpengaruh di kelas.

Salah satu cara untuk mengurangi intensitas bullying adalah dengan cara berprestasi. Aku memang bukan ranking satu, tapi tergolong yang cukup tinggi nilainya. Hal itu membuat intensitas bullying mulai berkurang. Setelah melalui masa SD yang tergolong mencekam, aku mulai membuka lembaran baru di masa SMP. Berusaha mengubah nama panggilan menjadi Teguh, namun tidak berlangsung lama. Untungnya, saat SMP aku bergabung dengan ekstrakulikuler yang aku jalani selama duduk di bangku SMP. Bertemu dengan teman-teman yang layaknya keluarga, bahkan hari Minggu-pun terkadang ada kegiatan, membuat aku bisa lupa dengan depresi yang aku alami saat SD. Di kelas pun akumerasa tidak cocok dengan teman-teman yang lain. Tapi untungnya, berkat bergabung dengan ekstrakurikuler, aku melupakan hal-hal tersebut.

Masuk SMA, aku jauh lebih kuat lagi. Ketika pendaftaran, aku pernah melawan guru karena beliau membahas nama aku. Aku tidak terima, aku suruh guru tersebut tanya pada orang tua aku kenapa diberi nama itu. Memiliki prestasi yang cukup baik dan bergabung dengan ekstrakulikuler dengan teman yang menyenangkan membuat aku tidak dibully di selama SMA. Setelah lulus sekolah hingga saat ini, aku sudah tidak malu lagi menggunakan nama Diva bahkan banyak orang di sekitar aku pun, sudah tidak ada yang membahas mengenai kenapa aku bernama Diva.

Berdasarkan hal tersebut, menurut aku ada dua hal yang bisa kita lakukan agar dapat memutus rantai bullying di sekolah, yaitu:

1. Berprestasi

Jadilah siswa yang berprestasi. Kemampuan akademik kita yang bagus akan membuat kita disegani oleh teman-teman sekelas. Hal yang menjadi kunci adalah ketika kita berprestasi, maka secara otomatis kita akan dekat dengan guru. Guru bisa menjadi tameng agar pelaku bullying tidak akan berani pada kita.

2. Bergabung dengan Ekstrakulikuler atau Kegiatan Lainnya

Bergabung dengan ekstrakulikuler atau kegiatan di sekolah akan memaksimalkan aktivitas kita di sekolah, maka intensitas bertemu dengan si pelaku pun akan berkurang. Ditambah lagi, kita akan memiliki banyak teman. Semakin banyak teman kita, maka pelaku pun akan takut.

Untuk memutus rantai bullying memang harus ada keinginan dari dalam diri. Tapi ingat jangan menggunakan cara-cara kasar, gunakanlah cara-cara yang bermanfaat dan memberikan dampak positif pada kita. Karena untuk memadamkan api itu, harus menggunakan air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pilihan Jalan

Hari Terakhir Penggunaan Otem

Operasi Gigi Geraham Bungsu RSKGM FKG UI